Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar

Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar – Kalau kamu adalah salah satu di antara ribuan bahkan jutaan orang terutama di Indonesia yang memiliki satu buah kendaraan roda empat atau lebih maka tentu kamu perlu sedikit tips memanaskan mobil yang benar. Hal ini penting demi keawetan mesin dari mobil yang kamu miliki serta kenyamanan kamu dalam berkendara.

Banyak orang menganggap memanaskan mesin mobil itu hal sepele atau sangat mudah dikerjakan, cukup ambil kunci kontak, nyalakan mesin dan injak gas semaunya. Ini yang banyak dilakukan orang setiap pagi, tapi tahukah anda bahwa bukan hanya pagi saja mobil harus dipanaskan, di lain waktu ketika mobil lama tidak menyala atau di atas lima jam maka perlu dipanaskan sebelum dijalankan.

Tahukah anda kalau mesinnya mobil jika tidak pernah dipanaskan sebelum digunakan dapat mengakibatkan komponen bagian mesin mobil cepat rusak. Memang kerusakannya tak langusng terjadi tapi keausan tersebut bertahap hingga tidak dapat lagi digunakan. Bahan bakar yang digunakan juga bisa lebih boros akibat dari pengaruh tidak panasnya mesin, hal ini disebabkan akibat bekerja kerasnya mesin menarik beban yang belum normal kekuatannya.

Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar

Cukup sederhana tips dan cara panaskan mesin mobil anda, silahkan simak beberapa ulasan penting yang OtoTeknoZ uraikan di bawah ini :

Pertama adalah memanaskan Mobil itu cukup 5 menit saja
Sebelum membawa kendaraan atau mengemudikan mobil tersebut, sebaiknya anda hidupkan mesin selama kurang lebih lima menit dahulu. Kalau untuk mobil yang dilengkapi jarum indikator suhu panas mesin dapat melihat yang terpasang di dasbor pada hadapan anda. Bila jarumnyasudah menunjukkan 1/3 maka itu berarti sudah siap untuk dijalankan keluar dari garasi anda. Tapi untuk mobil-mobil yang diproduksi zaman sekarang sudah tidak dilengkapi dengan indikator demikian, apalagi kalau sudah menggunakan teknologi fuel injection yang terpenting adalah suara mesin stabil baru dikemudikan atau masuk didi satu.

Perlu diketahui bahwa tak seharusnya anda berlama-lama memanaskan mesin karena akan mengalami over heating, itu juga akan kurangbaik bagi kendaraan jika tidak berjalan.Waktu kurang lebih lima menit adalah waktu yang sangat pas.

Kedua adalah jangan menginjak pedal gas
Ini yang terkadang salah dilakukan oleh banyak orang saat memanaskan mesin mobil yaitu disertai dengan menginjak pedal gas. Seperti yang OtoTeknoZ sebutkan tadi bahwa mobil yang dijual sekarang kebanyakan menggunakan system pembakaran injeksi yang tidak memerlukan menekan pedal gas saat dipanaskan. Cara panaskan mesin mobil yang baik telah mengalami perubahan seiring kemajuan teknologi tersebut. Yang perlu anda lakukan hanya menyalakan starter kemudian membiarkannya menyala dalam keadaan konstan. Kita tak lagi harus menekan gas, ini bahkan dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mobil.

Ketiga adalah matikan AC Mobil sebelum mesin dinyalakanIni banyak disepelekan oleh para pengguna kendaraan roda empat tersebut, sebenarnya AC mobil dimatikan dahulu sebelum mesin dipanaskan dan anda harus memastikan bahwa sudah dalam keadaan Off sebelum mesin dimatikan setelah dikemudikan. Sehingga pada saat akan dinyalakan kembali tidak lagi diluakan atau bisa langsung dinyalakan mesinnya. Akibat jika AC dinyalakan sebelum mesin dalam kondisi menyala dengan normal akan berakibat fatal pada komponen mesin AC tersebut, bisa mempercepat rusaknya komponen AC. Hindari hal semacam ini karena anda akan mengetahui rasanya kalau pendingin ruangan di mobil rusak pada saat bermacet ria di jalanan.

Terakhir adalah panaskan Mobil di tempat terbuka
Sebenarnya ini bukan pada mobil yang akan rusak melainkan pada anda sebagai pemiliki. Jika memanaskan mobil di ruang tertutup seperti garasi tertutup maka bisa membuat sirkulasi udara tidak bergerak, Gas atau asap berbahaya bisa mengganggu kesehatan anda, terutama bagi penderita asma dan penyakit pernafasan lainnya.

Dari situ ada banyak hal positif yang bisa diperoleh jika kita rutin memanaskan mesin mobil, dan tak ada salahnya menyisihkan sedikit waktu untuk hal tersebut setiap akan bepergian dengan mengendarai mobil kesayangan. Kalau sudah di jalan, pastinya anda butuh tips menghemat BBM pada mobil matic dan manual. Kalau salah dalam berkendara bisa-bisa kantong anda kering sebelum gajian datang.