Cara Memanaskan Mesin Motor Matic, Bebek dan Sport Yang Benar

Cara Memanaskan Mesin Motor Matic, Bebek dan Sport Yang Benar – Ini yang mungkin saja menjadi pertanyaan banyak orang di berbagai kota tapi malu-malu untuk mengungkapkannya karena dianggap hal sepele yang semestinya diketahui oleh siapa saja yang memiliki kendaraan roda dua.

Karena perkembangan teknologi yang semakin maju, kian canggih pula teknologi yang diterapkan pada kendaraan jenis motor. Kalau dahulu kita ketahui mesinnya menggunakan karburator maka sekarang sudah mulai beralih ke mesin yang menggunakan fuel injection. Hal baru tersebut tentu akan merubah cara kita dalam memperlakukan mesin kendaraan, contohnya saat memanaskan dapur pacu dari kuda besi kesayangan yang siap dibawa berpetualang atau sekedar untuk bekerja dan menjalankan aktifitas sehari-hari.

Antara ketiga jenis motor yang disebutkan dalam judul yaitu matik, bebek atau sport tak ada perbedaan yang berarti pada tips memanaskan mesin motor dari masing-masing. Mungkin yang jadi titik utama pembeda adalah pada tipe mesin yang digunakan yaitu antara karburator atau injeksi. Sekarang mari kita kupas tuntas teknik yang diapakai ala OtoTeknoZ.

Cara Memanaskan Mesin Motor Matic, Bebek dan Sport Yang Benar

Pertama untuk mesin motor karburator, sebaiknya dipanaskan antara 5-10 menit jika dalam keadaan mesin dingin misalnya tidak menyala lebih dari 12 jam. Langkah awla tentu nyalakan mesin, jangan langsung tarik gas karena itu tidak baik bagi kompone di dalamnya terutama piston yang masih belum tercampur oli secara baik, apalagi pembakaran juga belum sempurna saat awal-awal tersebut. Setelah mencapai lima menit dinyalakan secara konstan alias datar tanpa tarikan gas, coba tarik gas beberapa kali mulai dari sedang hingga agak meninggi untuk memperlancara liran bahan bakar di karburator, kalau menurut anda sudah agak nyaman dan stabil suaranya maka siap untuk dibawa pergi.

Kedua untuk mein motor injeksi, kalau yang ini sangat sederhana sekali cara memanaskannya. tahapan awal juga nyalakan mesin, jangan langsung tarik gas, diamkan saja gasnya dalam kondisi konstan selama kurang lebih lima menit. Jika pertama-tama menyalakan motor memang langsung agak meninggi suara mesinnya, namun perlahan nanti saat bahan bakar mulai stabil ke ruang pembakaran maka akan menurun dan terasa enak didengar. Tapi untuk memastikan mesin telah panas sebaiknya tunggu sampai lima menit, namun terkadang banyak yang berpandangan bahwa setelah suara menjadi stabil maka saat itu pulan motor matic atau injeksi sudah siap digeber keluar.

Khusus untuk cara memanaskan mesin motor sport agak berbeda, walaupun injeksi tapi juga sebaiknya harus tarik gas berulang sebelum jalan karena mesinnya punya cc yang besar. Ini untuk memperlancara bahan bakarnya sekaligus memastikan mesin sudah panas dan siap berlari kencang.

Intinya sebenarnya dalam memanaskan mesin motor adalah tidak perlu berlebihan karena itu hanya akan membuang bahan bakar secara percuma. Jadi kalau mau mesin awet ikuti saja petunjuk di atas, ini juga berlaku di kendaraan roda emapt. Namun, kalau ingin lebih spesifik lagi silahkan lihat pada ulasan OtoTeknoZ mengenai cara memanaskan mesin mobil yang benar. Ingat, bahwa cara ini mungkin dianggap keliru oleh beberapa pihak namun OtoTeknoZ juga mengambil dari hasil ujicoba dan penerepana dalam kegiatan sehari-hari.

Tags:

Motor matic sportyMotor matik sport