Cara Menghemat Kampas Rem Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menghemat Kampas Rem Agar Awet dan Tahan Lama – Mungkin anda adalah salah seorang biker atau pengguna kendaraan roda dua maupun empat yang selalu bermasalah dengan pengeluaran yang lebih akibat terlalu sering mengganti kampas rem. Hal itu sebenarnya tergantung dari perilaku berkendara anda, jika pandai dalam mengendalikan atau mengemudi maka hasilnya pun akan sangat baik.

Proses cepat menipisnya kampas rem pada motor dan mobil disebabkan oleh faktor yang sama. Sebelum masuk ke penjelasn lainnya, OtoTeknoZ perlu jelaskan sedikit tentang manfaat atau fungsi kampas rem itu sendiri dan bagaimana model atau bentuknya. Fungsinya tentu adalah untuk pengereman, ada jenis yaitu tromol dan cakram. Tromol tidak menggunakan piringan, sedangkan cakranm jelas terlihat ada piringan yang mana pada motor bisa dimodif sedemikian rupa. Tapi khusus kendaraan mobil, cakram tersebut tidak akan bisa diganti modelnya karena berada pada bagian dalam.

Cara Menghemat Kampas Rem Agar Awet dan Tahan Lama

Dalam memakai kendaraan, ada tips agar kampas rem tidak cepat aus yang bisa anda coba. OtoTeknoZ sudah mebuat rangkuman singkat dan tahapannya seperti di bawah ini.

1. Pertama perhatikanlah kondisi tromol dan cakram yang terdapat pada kendaraan, pastikan dalam kondisi baik dan berfungsi dengan benar.

2. Jangan sampai ada partikel lain yang menggangu fungsi kerjanya, misalnya ada pasir dan sebagainya yang masuk karena itu akan membuat anda kurang nyaman dalam berkendara.

3. Selalu periksa kondisinya jika roda terasa berat berputar karena biasanya ada karat jika anda menggunakan tromol atau piringan cakram ada yang bengkok, ini tentu akan memaksa kampas bekerja terus menerus dan akhirnya cepat habis.

4. Selalulah luangkan waktu membersihkannya, kemudian selalu memperhatikan jarak antara cakram dan kampas agar pada saat roda berputar tidak terjadi senthan yang mengikis kampas.

5. Kalau yang terakhir ini lebih banyak disebabkan oleh pola atau cara anda berkendara. Selalulah berkendara secara aman dan menjaga jarak agar frekuensi pengeraman bisa berkurang. Bayangkan saja kalau anda hidup di kota besar yang hampir setiap saat macet. Ada berapa kali anda menginjak atau menarik tuas rem, itu tentu akan berbeda dengan yang hidup di daerah yang jarang macet. Usia kampas akan dipengaruhi oleh sering atau jarangnya ada menggunakan rem. Sehingga lebih baik selalu menjaga jarak dan menurunkan kecepatan sebelum mendekat ke kendaraan lain di depan anda.

Cukup mudah melakukannya, semoga sahabat OtoTeknoZ bisa langsung mempraktekkan cara agar kampas rem mobil atau motor awet di atas. Jika anda punya tips lainnya silahkan anda kirimkan melalui kontak kami agar bisa dishare ke sahabat OtoTkenoZ lainnya.

Tags:

menghemat kampas rem depan mobil