Cara Menjadikan HP Android Sebagai Wifi Hotspot Portable

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Wifi Hotspot Portable – Menggunakan smartphone dengan sistem operasi besutan Google mungkin sudah banyak diterapkan oleh pengguna gadget di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Tapi masih kurang yang mengetahui kalau sebenarnya hp tersebut bisa dijadikan sumber wifi bagi gadget lain di sekitarnya.

Manfaat dari wifi portable ini adalah kita bisa saja hanya membeli satu paket internet dalam sebulan tapi bisa digunakan di lebih dari satu smartphone atau itu juga bisa dipakai di laptop kalau kuota yang anda beli cukup besar atau unlimited. Contoh kasus, seseorang punya dua hp android, punya tablet dan juga laptop. Dia cukup beli paket data yang kuotanya misalnya 11 GB yang saat ini jadi tren, dari situ pasang di satu smartphone berbasis android dan setting jadi hotspot agar digunakan oleh gadget anda yang lainnya.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Wifi Hotspot Portable

Belum mengetahui caranya? Inilah cara setting smartphone android jadi wifi portable. Pertama buka setting/pengaturan pada hp anda, kemudian klik Wireless and networks, selanjutnya scroll ke bawah dan ketuk Tethering and portable hotspot lalu centang kotak kecil di samping kananya dan tunggu beberapa saat sampai muncul di tab atas ada ikon wifi warna biru pertanda sudah aktif. Tapi ingat aktifikan dulu layanan data di smartphone anda agar bisa terhubung ke internet, karena walaupun hostpotnya katif kalau koneksi datanya belum aktif maka tidak akan bisa terhubung ke internet.

Menariknya karena dalam setingannya, anda bisa membuat nama hostpotnya. Bisa pula dipasangkan pasword serta membatasi perangkat apa saja yang dapat terhubung, sehingga kecemasan anda jika ada orang yang ingin masuk merampok kuota bisa dibatasi dengan fasilitas ini. Dan tentunya anda bisa manfaatkan wifi ini sebagai jalan untuk mengenalkan sesuatu ke orang lain yang bisa menemukan sinyalnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah akan langsung menyedot banyak kuota? Sepertinya tidak terlalu banyak, kecuali kalau gadget yang mengaksesnya sangat banyak. Kalau hanya dua atau tiga maka itu akan lumayan sedikit mengambil kuota. Dan yang biasanya banyak memakai kuota adalah pada saat dihubungkan ke laptop dan di situ anda buka youtube atau situs berbagi video lainnya. Masalah lainnya yang akan muncul adalah hp yang dijadikan hotspot tadi akan cepat pana dan akan cepat terkuras baterainya.

Tips tambahan kalau anda ingin nyaman dalam berinternet ria, sebaiknya hubungkan dengan charger ketika sudah akan habis dayanya. Tapi ingat bahwa ada kemungkinan untuk kehabisan kuota kalau terus menerus dipakai bersamaan. Makanya anda wajib membaca paket internet modem terbaik 2015 kalau tak ingin ponsel canggihnya terus-terusan jadi wifi portable di rumah.