Cara Setting Karburator Motor Yang Baik dan Benar

Cara Setting Karburator Motor Yang Baik dan Benar – Tanggal 17 November 2014 Presiden kita Bapak Joko Widodo yang baru saja dilantik sebagai orang yang ke-7 sebagai pemimpin bangsa telah membuat keputusan untuk mencabut subsidi BBM dan mengalihkannya ke sektor lain demi menunjang pemerataan pembangunan infrastruktur di setiap daerah

Tidak hanya di alihkan ke insfraktruktur saja, pengalihan subsidi BBM juga digunakan untuk pemberian bantuan lansung kepada masyarakat kurang mampu lewat beberapa kartu yang sudah dibuat oleh pemerintah. Salah satu contonya kartu sehat dan kartu sejahtera. Namun kebijakan Jokowi ini banyak Pro Kontra-nya dimata masyarakat, yang setuju dengan kebijakan ini alasannya karena subsidi BBM yang dulunya untuk kalangan menengah ke bawah tapi faktanya kalangan orang kaya lebih banyak memanfaatkan subsidi tersebut. Dan karena adanya peralihan yang dilakukan bapak Presiden kita, rakyat kurang mampu betul-betul merasakan manfaatnya.

Kini masyarakat ekonomi bawah sudah lebih banyak dan lebih mudah mendapatkan haknya yang selama ini banyak di manfaatkan kalangan-kalangan elit, namun masih banyak masyarakat yang belum paham betul akan tujuan dari kebijakan persiden kita ini. Akibat ketidak pahaman mereka sangat banyak yang menolak kebijakan ini. Menurut mereka pencabutan subsidi ini yang berdampak pada kenaikan BBM akan sangat merugikan bagi para sopir angkot karna tingginya kenaikan BBM tidak seimbang dengan kenaikan tarif angkot yang di tetapkan pemerintah. Selain sopir angkot sebagian besar pengendara roda dua juga menyatakan menolak kenaikan BBM ini.

Cara Setting Karburator Motor Yang Baik dan Benar

Bagi mereka kenaikan BBM ini akan sangat memberatkan, terutama pengendara roda dua yang ada di kota. Karna melihat kondisi lalu lintas sekarang di kota-kota manapun selalu terjadi yang namanya kemacetan, memang pada saat kita melewati jalan yang macet penggunaan bahan bakar bisa dua kali lebih boros dari pada penggunaan bahan bakar ketika kita melewati jalan yang arusnya lancar. Pada saat kita melewati jalan macet akan lebih sering buka tutup gas, pada saat itulah proses penyerapan bahan bakar pada karburator motor akan sangat besar. Itu salah satu alasan dari berbagai alasan bagi mereka yang merasa diberatkan dan menolak kebijakan pemerintah, akibatnya banyak diantara mereka yang menyampaikan aspirasinya dengan cara berorasi di jalan-jalan ibu Kota bahkan hampir semua wilayah di Indonesia sebelum dan sesudah pengumuman kenaikan BBM.

Mereka-mereka yang menolak kebijakan ini sangat ramai berorasi di jalan-jalan ibu kota. Namun meski banyak mendapat kritikan dari berbagai kalangn pemerintahan Jokowi-JK membulatkan tekadnya untuk menaikkan BBM. Buat kalian yang tidak mau lagi merasa diberatkan karna kenaikan BBM ada baiknya jika kalian memanfaatkan masukan-masukan yang diambil dari berbagai pandapat mekanik-mekanik handal di ibu kota. Mekanik-mekanik kita ini telah menjelaskan cara setting karburator agar irit bensin. Saran penting yang mekanik kita katakan jangan sekali-kali kalian melepas yang namanya box udara atau saringan udara karna itu akan sangat mempengaruhi cara kerja karburator, meski tidak di lepas kalian juga harus tetap rajin membersihkan box udara pada motor kalian karena itu betul-betul berpengaruh pada kerja karburator motor.

Setelah box udara dapat dipastikan selalu dalam kondisi yang baik langkah berikutnya yang harus kalian lakukan yaitu minimal sekali sebulan kalian harus membersihkan karburator pada motor kalian dengan cara buka bagian bawah karbu dengan menggunakan obeng bunga yang kembangnya sedang. Setelah penutup bagian bawah karbu kalian lepas, di situ akan terlihat dua spuyer karbu yaitu mainjet dan pilotjet, buka mainjetnya dengan menggunakan kunci 6 atau menggunakan tang.

Mainjet suda dibuka, juga demikian dengan pilotjetnya buka menggunakan obeng plat yang berukuran kecil karena letak pilotjet ini agak dalam dan tidak dapat di jangkau dengan obeng yang berukuran besar. Setelah semua kalian lepas bersihkan komponen-komponennya dengan menggunakan bensin dan kuas-kuas kecil sampai betul-betul bersih. Setelah semuanya bersih pasang kembali dan dijamin karburator pada motor kalian akan jauh lebih irit. Itu kata para mekanik-mekanik kita.

Pembersihan karburator akan makin mantap kalau dilakukan dalam periode tertentu, misalnya setiap 3 bulan sekali atau terserah anda kapan waktu yang pas sesuai dengan pengamatan pada kinerja motor anda sendiri. Nanti OtoTeknoZ juga akan sajikan daftar harga karburator paling bagus untuk balapan dan untuk pemakaian sehari-hari.