Tips Menghemat BBM Pada Mobil Matic dan Manual

Tips Menghemat BBM Pada Mobil Matic dan Manual – Memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar baik itu minyak ataupun gas adalah impian dan keinginan setiap orang, apalagi bagi mereka yang setiap hari bergelut dengan kehidupan di jalanan terutama yang di perkotaan seperti Jakarta dan kota besar lainnya.

Inti dari permasalahan dalam penggunaan bahan bakar bukan pada jenis apa yang anda gunakan tapi seberapa banyak yang dipakai setiap hari dengan kegiatan yang sedemikian rupa. Penggunaan BBM terkadang melebihi batas kemampuan kita untuk membeli tapi itu harus dibeli karena tuntutan perjalanan. Mau hemat tapi belum tau solusinya, mungkin apa yang sang guru private sajikan di bawah ini bisa jadi sedikit pencerahan bagi anda yang ingin memiliki kendaraan hemat BBM.

Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan yang kita gunakan terutama pada dua jenis kendaraan roda empat yaitu mobil matic dan mobil transmisi manual. Ini semua tergantung pada banyak faktor, mulai dari jenis kegiatan atau pekerjaan anda, kemudian berdasarkan jenis kendaraan yang anda pakai sehari-hari. Bahkan merek dan produsen dari mobilnya pun bisa berpengaruh pada produk yang kita gunakan.

Tips Menghemat BBM Pada Mobil Matic dan Manual

Tapi kita tidak akan panjang lebar membahas faktor tadi, sebab inti dari apa yang kita bahas saat ini adalah solusi untuk hemat BBM pada mobil yang kita semua gunakan. Coba disimak tips-tips di bawah ini.

Tips Hemat BBM Pada Mobil :

Sejatinya yang namanya mobil pasti tidak akan sedikit menggunakan bahan bakar minyak alias BBM tapi itu juga berdasarkan bobot kendaraan dan seberapa besar kapasitas mesinnya. Makin rendah cc dari mesin mobil itu makanmakin kecil pula penggunaan bahan bakarnya, begitu juga sebaliknya.

Terlepas dari hal di atas, kita masih meminimalkan penggunaan BBM pada mobil yaitu dengan memperhatikan tata cara mengemudi yang baik dan benar. Usahakan selalu mengemudi dengan kecepatan yang standar saja, jangan cepat menekan gas, usahakan gas perlahan hingga mencapai kecepatan maksimum. Kalau harus lambat tak usah dibawa lari kencang mobilnya.

Yang perlu anda ketahui adalah jangan selalu menarik gas secara cepat, usahakan perlahan hingga akselerasi maksimal dicapai. Jangan ugal-ugalan dalam berkendara, sebab tarikan gas yang naik turun juga bisa memicu konsumsi BBM yang berlebih. Dan paling penting adalah budayakan naik kendaraan umum saja jika anda hidup di kota besar. Mungkin pada mobil matic agak boros karena memang mekanisme sistem yang ada di mobil tersebut yang mengharuskan demikian, sama saja di motor matic juga demikian.