Untung Rugi Menggunakan Ban Tubeless Pada Motor atau Mobil

Untung Rugi Menggunakan Ban Tubeless Pada Motor atau Mobil – Beberapa tahun terakhir ketika pengguna sepeda motor kian meningkat jumlahnya, ada salah satu industri yang juga mengalami perkembangan yang sangat signifikan yaitu para produsen ban yang mengeruk untung lebih banyak lagi dari sebelumnya.

Selain ban, helem juga sangat mengalami peningkatan. Berhubung ban dipakai di semua kendaraan maka pengguna pun banyak membahasnya. Mereka memberi perbandingan antara ban biasa dan tubeless, ini menjadi hal yang perlu dikupas karena banyak isu yang masih menggantung di pikiran masyarakat pengguna kendaraan yang umumnya awam tentang informasi ban. Lantas seberapa penting menggunakan ban yang cocok dengan kodisi cuaca, suhu, jaland an sebagainya? Ini sangat penting karena berpengaruh pada kenyamanan anda berkendara dan tentu saja keselamatan anda juga jadi taruhannya.

Untung Rugi Menggunakan Ban Tubeless Pada Motor atau Mobil

Pemakaian ban dianjurkan sesuai spesifikasi kendaraan, contoh kecilnya adalah ketika anda memakai motor matic maka gunakan ban yang ukurannya tidak besar, lebar dan bahkan terkesan berat saat motor dikendarai. Atau pada saat anda memiliki mobil sedan maka pakailan ban yang lebih tipis. Hampir smeua kendaraan sudah tersedia ban tipe tubeless, dan mungkin anda perlu memahami buruk baiknya jika menggunakannya.

OtoTeknoZ telah merangkum beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan ban tubeless antara lain:

  • Poin utamanya adalah masih bisa digunakan walaupun ban tertusuk paku atau benda tajam lain yang tidak menyebabkan robek
  • Tentu saja lebih nyaman digunakan di jalan yang berkontur rata serta mulus
  • Kalau anda ingin menggunakannya, siap saja membelinya dengan harga lebih mahal dari ban biasa
  • Hanya dapat dipakai pada velg racing, kalau anda mencoba menggunakan pada velg jari-jari maka perlu menutup lubang-lubangnya.
  • Ban jenis tubeless kurang nyaman di jalanan yang kondisinya sedang basah, licin dan rusak

Ingat keadaan di atas berlaku pada ban tubeless untuk mobil ataupun motor. Selain fenomena ban tanpa ban dalam, kini diikuti pula dengan hadirnya produk cairan anti bocor untuk ban tubelees yang banyak dicoba oleh masyarakat. Tapi kehadirannya pun disertai isu miring dan tentu saja itu perlu pembuktian lebih jauh dan bisa diketahui setelah menggunakannya sebagai ajang uji coba.